PENGERTIAN BROWSER BAIDU, SEJARAH, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Pengertian dan Sejarah Browser Baidu
Baidu Browser ( Cina :百度浏览器) adalah browser web WebKit dan Trident yang dikembangkan oleh Baidu untuk Komputer Pribadi dan ponsel . Baidu Browser versi Windows berisi fitur untuk permintaan proxy ke situs web tertentu, yang mengizinkan akses ke beberapa situs web yang biasanya diblokir di Tiongkok, juga membocorkan istilah pencarian, nomor seri hard drive, alamat MAC jaringan, serta judulnya. semua halaman web yang dikunjungi. Nomor model GPU juga dikirimkan. Itu memiliki pemblokir iklan, torrent, dan pengunduh video bawaan. Edisi PC dihentikan pada Mei 2019, dan pada 29 September 2019 fungsi dasarnya dihentikan , misalnya penelusuran halaman web dihentikan.
Kelebihan:
1. Kemampuan searching.
Baidu adalah aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Cina. Juga, sepertinya masih ada banyak ruang bagi aplikasi ini untuk bertumbuh. Pertimbangkan juga bahwa konsumsi internet di antara penduduk China masih di bawah angka 35%. Pada saat yang sama, Baidu terus meningkatkan pangsa pasarnya di pasar search engine, dan sekarang berada di angka 75,8%.
2. Monetisasi.
Baidu memiliki model bisnis yang sangat skalabel, yakni pemilik bisnis dapat dengan mudah membeli dan menargetkan iklan di sistem tersebut. Faktanya, hanya sebagian kecil dari jutaan bisnis China yang menggunakan pemasaran pencarian berbayar.
3. Ekspansi.
Dengan basis pengguna yang besar, Baidu mencari cara untuk menawarkan lebih banyak layanan kepada pengguna. Untuk tujuan ini, perusahaan tersebut telah menjadi agresif saat berinvestasi dalam hal penelitian & pengembangan. Kemungkinan juga akan ada lebih banyak akuisisi yang akan dilakukan oleh Baidu.
Kekurangan:
1. Adanya kompetisi.
Pada tahun 2010, Google telah meninggalkan pasar Cina. Meski begitu, Baidu masih harus menghadapi rival sengitnya. Beberapa perusahaan yang paling mengancam eksistensinya meliputi Alibaba dan Tencent. Perusahaan-perusahaan ini memiliki basis pelanggan yang besar dan mencari pasar pencarian berbayar yang menguntungkan. Bahkan Microsoft masih menjadi pemain di pasar Cina. Juga, munculnya perusahaan jejaring sosial, seperti Renren, bisa menjadi kompetitornya. Faktanya adalah Baidu lambat untuk menambahkan fitur jejaring sosial ke platformnya.
2. Valuasi.
Saham Baidu diperdagangkan pada level 95 kali lipat pendapatan. Masalahnya adalah akan sangat sulit untuk mempertahankan tingkat pertumbuhannya yang besar. Dengan kata lain, mungkin ada koreksi serius pada sahamnya jika terjadi masalah kecil sekalipun.
3. Harga.
Iklan di Baidu jauh dari kata murah. Meskipun hal ini membantu meningkatkan pendapatan, harga yang mahal dapat mempersulit peningkatan basis penggunanya.
Komentar
Posting Komentar